Sabtu, 11 Januari 2014

Transformasi Fourier


            Dalam metode MT, data yang didapatkan dari proses akuisisi di lapangan berupa data time series dari komponen listrik Ex, Ey dan medan magnet Hx, Hy, dan Hz yang masih dalam domain waktu. Untuk proses pengolahan dan analisis data selanjutnya maka perlu untuk mengubah data time series tersebut ke dalam domain frekuensi dengan menggunakan transformasi Fourier. Transformasi Fourier adalah suatu proses matematika yang digunakan untuk mengubah suatu sinyal yang masih dalam domain waktu menjadi spectrum dengan domain frekuensi. (Keeler, 2002).

Transformasi Fourier 

          Transformasi Fourier dikembangkan berdasarkan ide yang dikemukakan oleh salah satu satu ilmuwan bernama Joseph Fourier yang menyatakan bahwa sembarang fungsi (fungsi matematika yang berbentuk gabungan dari busur-busur yang menyambung) akan dapat disusun dari fungsi-fungsi trigonometri seperti sinusoidal dan cosinusoidal.

              Misalkan sinyal masukan kita namakan s(t) dan spektrum sinyal kita notasikan sebagai (f), maka transformasi Fourier langsung (dari domain waktu menjadi domain frekuensi) adalah :


          
*Semua integral persamaan di atas,  batas atas (tak hingga) dan batas bawah ( minus tak hingga)

    Sehingga untuk mendefinisikan sinyal s(t) didomain frekuensi diperlukan spektrum amplitudo A(f) dan spektrum fasa Ǿ (f) (Baker, 1985).
 

1 komentar:

afrizal ramadhan mengatakan...

Menarik mas, saya punya data time domain, bagaimana cara mengconvert dari time history menjadi frequency ya, dengan aplikasi Excel. trims