Rabu, 02 April 2014

Minggu, 19 Januari 2014 "Hamba TUHAN Sebagai Pembawa Kabar Keselamatan"


HAMBA TUHAN SEBAGAI PEMBAWA KESELAMATAN

YESAYA 49 : 1 -7
Syalom dan Selamat hari Minggu!

              Dalam Kitab Yesaya ada empat nyanyian tentang hamba Tuhan. (psl. 42:1-4; 49:1-7; 50:4-9; 52:13 - 53:12). Pasal 49 ini merupakan nyanyian kedua dari empat nyanyian tersebut yang menceritakan tentang karakter, karya dan pengalaman seorang hamba Tuhan. Nyanyian bagi Mesias yang dijanjikan sejak dahulu sebagai pembebas Israel. Dari nyanyian ini kita melihat ada 3 peranan Tuhan yang digambarkan, yaitu : (1) Ia telah memilih dan memanggil orang-orang yang telah ditentukanNya untuk menjadi hambaNya; Pemilihan adalah Otoritas Tuhan, pemilihan adalah Inisiatif Tuhan. (2) Ia yang akan melindungi, menyertai serta memberi kemampuan kepada hamba-hambaNya untuk melakukan tugas yang sudah Allah tentukan bagiNya; Tuhan tidak pernah membiarkan kita, melepaskan kita ketika kita diutus untuk memberitakan berita keselamatan. (3) Ia juga menentukan tugas hamba yang dipilihNya. Pertama : Menyatakan keagungan Tuhan yang layak diandalkan. Kedua : Mengembalikan Yakub kepadaNya (ayat 5) Artinya melalui Yesaya Israel dipanggil untuk mengutamakan Tuhan sehingga restorasi rohani akan berdampak pada tegaknya suku-suku Yakub. Ketiga : Menjadi terang bagi bangsa-bangsa (ayat 6). Ketika Israel dipulihkan bangsa-bangsa lain akan terheran-heran dan turut mengakui kedaulatan Allah yang disembah Israel. Menjadi terang juga berarti kita bertanggung-jawab atas "kegelapan-kegelapan" yang ada disekitarNya.
          Tuhan menyertai dan melindungi mereka seperti anak panah yang disembunyikan dalam tabung panahnya. Karena itulah hamba Tuhan tersebut sanggup melakukan tugasnya dengan baik, memberitakan perkataan Tuhan dengan tajam dan tepat sasaran seperti pedang yang tajam dan anak panah yang runcing. Ia tidak takut terhadap apapun sebab Tuhan yang telah memilih dan memanggilnya, maka Tuhan pula yang akan menyertainya. Mesias di bagian ini ditulis sebagai Hamba Tuhan yang menggambarkan bahwa Ia datang untuk melaksanakan misi Tuhan, kedatangan Mesias juga untuk menggenapi janji Tuhan kepada bangsa Israel menjadi terang dan membawa keselamatan kepada bangsa-bangsa.
                Bangsa Israel mengeluh karena keberadaan mereka di pembuangan Babel dan mereka mengganggap Tuhan telah meninggalkan serta melupakannya. Sebenarnya bangsa itu masih tetap umat yang dikasihi dan masih terus berstatus anak Tuhan serta umat Tuhan, yang dilukis di telapak tangan Tuhan bahkan Tuhan akan membangun Sion kembali dan menyelamatkan mereka. Semua ini terjadi karena Tuhan yang membuat segala sesuatu yang tidak mungkin menjadi mungkin. Kita dipanggil seperti Hamba yang digambarkan ini untuk membawa kabar keselamatan kepada seluruh umat manusia. Kita dipanggil menjadi hamba penyelamat yang memberikan pengharapan kepada umat yang cemas dan kuatir dalam menjalani kehidupan di dunia ini. Amin.

RT


*RT = Pdt. Retur Tanjung, S.Th




Tidak ada komentar: