Sabtu, 12 Oktober 2013

Sejarah PS (Paduan Suara) PO Universitas Indonesia


SEJARAH PADUAN SUARA PO UI


     Sama seperti WMPO UI, PSPO UI dahulu bernama PSPOSA UI. Seiring dengan berubahnya nama POSA UI menjadi POUI, berubah juga nama PS. Sejarah PS dimulai pada periode 1989-1990, saat itu koordinator PH, Pahala Simamora (FS) berinisiatif mengumpulkan beberapa pengurus dan tim inti di POSA UI dan fakultas yang memiliki karunia bernyanyi yang baik untuk berlatih bersama-sama dalam bentuk paduan suara. Ketika itu, latihan diadakan setiap menjelang acara besar UI (MPS, Natal UI dan Paskah UI).

     Tujuan adanya PS POSA saat itu adalah untuk menyemarakkan ibadah MPS, Natal dan Paskah UI melalui pelayanan paduan suara. Dengan tujuan tersebut, maka kriteria yang bisa bergabung dengan PS POSA adalah mahasiswa-mahasiswa yang memiliki kedewasaan rohani yang ditunjang karunia bernyanyi yang baik. Beberapa mahasiswa yang aktif pada masa awal PS POSA adalah Robinson Pangaribuan (FISIP), Peter Jacob (FH), Tomi Awuy (FS), Elsa Manurung, dan Flaviana Tagung.

     Sejak saat itu, PS POSA hadir pada setiap acara besar POSA UI  sehingga dapat dikatakan kegiatan PS POSA bersifat temporal dikarenakan kesibukan dan beban pelayanan tiap anggota yang juga melayani di fakultasnya masing-masing sebagai tim inti dan pengurus.

     Pada tahun 1990, Novi Manurung terpilih sebagai koordinator PS POSA pertama. Walaupun, PS POSA tetap bersifat temporal, tetapi lebih terkoordinasi dengan baik. Pada masa Novi Manurung, PS POSA dilatih oleh Abner dari FK.

     Pada tahun 1995, PS POSA mengalami perubahan; peserta latihan terbuka untuk semua jemaat POSA UI, bukan hanya konsumsi tim inti dan koordinator fakultas. Saat itu PS POSA UI dipimpin oleh Rere Silalahi (FISIP '94) dan dilatih oleh Daniel Dasalak (FT '94). Pada masa itu PS POSA tidak lagi bersifat temporal, ada latihan rutin setiap minggunya, dan jangkauan pelayanannyapun tidak hanya di lingkungan POSA UI saja.

     Selanjutnya PS POSA dilatih oleh James Panjaitan, Elda Pardede, Inggrid Napitupulu (FE '98), Monang Saragih (FE '98), Ray Tambunan (FMIPA '03). PSPO UI sempat mengalami kemunduran mengenai anggota / duta yang sedikit sekali (baik duta laki-laki maupun duta wanita) yang terbeban melayani di PSPO UI. Namun berkat kerja keras dan komitmen Sari Simbolon (FH '06) dan seorang temannya untuk membangkitkan kembali PSPO, pada akhirnya PSPO UI kembali bangkit dan banyak jemaat yang melayani dan berkomitmen di PSPO UI.

     Pada saat itu Koordinator PSPO UI adalah Sari Simbolon (FH '06) dengan pelatih Ray Tinambunan (FMIPA '03) , kemudian Koordinator PSPO selanjutnya Melissa Kartika (FT '07) dengan pelatih Saut Lumbangaol (FT '07), Koordinator PSPO tahun 2011-2012 Andrew Sianturi (FT '08) dengan pelatih Saut Lumbangaol (FT '07), Koordinator PSPO tahun 2012-2013 Angel Sitorus /"Ares" (FIB '09) dengan pelatih Areta A Manurung (FH '10). koordinator PSPO UI (2013-2014) Monica S. Panggabean (FISIP '10) dengan pelatih Areta A Manurung (FH '10).

VISI PSPO UI
"Jemaat yang bersekutu dengan Allah, bersaksi serta berdampak kepada sesama melalui puji-pujian."
(Kolose 3 : 16)



BLOG PSPO UI
http://pspoui.blogspot.com/

Sumber : Buku 40 Tahun PO UI

Tidak ada komentar: